Kamis, 11 Oktober 2012

Refleksi Proposal Hidup


Bermula dari sebuah pertanyaan dari seseorang yang saat ini sedang membuatku tersenyum-senyum sendiri saat mengingatnya. Siapapun dia, mudah-mudahan mau untuk aku ajak bersusah payah demi memperjuangkan hal yang benar, dapat memicu kekuatan dari yang Maha Kuasa untuk tetap semangat meniti perjaugan di jalanNya. Sebuah pertanyaan tentang Impian atau cita-cita.

Untuk menjawab pertanyaannya, saat ini rasanya belum benar-benar duduk konsep impian itu. Namun, apabila merefleksi dari beberapa aktivitas yang sudah atau sendang ku jalani, impian itu baru tergambar satu konsep yakni Sukses Mulia. Inspirasi Sukses Mulia ini memang tergambar sejak mengikuti pelatihan
kepemipinan dan life skill yang diadakan oleh Forum Indonesia Muda. Sejak awal bulan Mei lalu seorang nara sumber (Bapak Jamil Azzani) dari even FIM 12 yang bertemakan "Character Building" menyampaikan sebuah materi tentang proposal hidup, inspirasi sukses mulia itu muncul.

Konsep sukses mulia ini terletak pada kesuksesan yang diiringi kemuliaan sebagai seorang manusia di hadapat Tuhan yang maha esa. Banyak bidang untuk sebuah kesuksesan juga kemuliaan, tinggal bagaimana kita hendak merencanakannya kemudian melaksanakannya hingga merefleksikan sebagai perbaikan kedepannya. Berbagai bidang kesuksesan dapat kita tekuni sesuai dengan minat kita. Mau bisnis,pertanian, pendidikan, politik, pemerintahan, kegiatan-kegiatan sosial, atau kegiatan profesi lain bisa bisa saja asalkan tetap pada lingkaran mencari kridhoan dan kemuliaan di sisi Tuhan yang Maha esa.

Refleksi dari kondisi tahan kelahiran dan histori pendidikan ku, menjadi seorang guru rasanya hal yang sangat menarik untuk dijadikan projek sukses mulia itu. Tanah kelahiran yang kini kondisinya sangat jauh dari jangkauan pendidikan, di mana masyarakatnya kurang mengindahkan esensial dari pendidikan bagi kaum mudanya. Kalau jangkauan pendidikan saja sudah jauh apalagi kemajuan-kemajuan lainnya, seperti kesejahteraan, agama, moral, nasionalisme, perekonomian, apalagi intelektual sangatlah jauh. Begitulah gambaran masyarakat di tanah kelahiranku itu.

Pendidikan ku yang kini sedang menempuh jenjang S1 kependidikan ini juga yang menjadi landasan untuk mengembangkan kemampuan sebagai seorang pendidik nantinya. Dua objek ini yang bakal menjadi bahan pertimbangan untuk projek sukses mulia itu. "Bagaimana supaya tanah kelahiranku maju dalam bidang apapun melalui pendidikan" mungkin ini rumusan sementara untuk projek sukses mulia itu.

Semoga dari rumusan sementara itu dapat sesegera mungkin tersusun proposal hidup ini dalam kurung waktu tertentu. Amiin..

Sebagaimana proposal pada umumnya yakni terdapat halaman pengesahan dan kelengkapan-kelengkapan lain. Terkhusus pada halaman pengesahan ini yang paling utama harus tercantum di dalamnya adalah mendapat pengesahan dari Allah SWT, kemudian Orang Tua kita. Kemudian terkhusus bagi yang sudah mempunyai pendamping hidup juga harus mempertimbangkan persetujuan dari pesangannya. Karena, bagaimanapun semua yang ada di sekitar kita lah yang akan terlibat dalam realisasi proposal itu.

Semoga tulisan ini dapat menjadi pengingat juga bahan refleksi bagi saya dan memberi inspirasi bagi pembaca. Harapannya juga teman-teman pembaca dapat memberi masukan baik melalui kolom kementar di blog ini maupun secara langsung kepada saya.

~Salam Sukses Mulia~

0 Komentar:

Posting Komentar