Rabu, 31 Juli 2013

Perjanjian MA'E


Saburai Camp, sebuah temat tinggal pondokan mahasiswa di Padang yang berasal dari Sumbagsel (Sumatera Bagian Selatan). Sebuah keluarga kecil yang terbentuk dari kesamaan nasib menjadi mahasiswa, dari arah daerah asal, kesamaan idealisme dan kecocokan untuk berteduh bersama.

Dalam kesempatan ini, di sebidang kamar Saburai camp tiga bocah cilik (Lare Alit), mengadakan perjanjian baru-baru ini. MA'E, itu lah nama pernajian itu. MA'E kami ambil dari huruf pertama nama anggota yang sepakat dengan isi perjanjian itu, jadi sewaktu-waktu ada member yang berminat untuk mengikuti isi perjanjian maka bisa saja kami adakan perubahan sewajarnya. hehehe

Berlandaskan analisa penggunaan facebook baru-baru ini. Banyak pengguna facebook yang dirasa meresahkan generasi bangsa ini. Kenapa demikian? Lihatlah, pihak facebook sekarangsemakin besar merekrut karyawan, hehehee sok tau,, cari aja beritanya. Kita bisa lihat setiap detik masyarakat Indonesia sibuk update, komen & like di jejaring sosial ini. hmm, setiap ada waktu luang mesti yang pertama dilakukan adalah buka gadgets dan akses jejaring sosial, tapi tunggu dulu, tidak hanya waktu luang ternyata, bahkan ada yang disela-sela kesibukannya sepat untuk berupdate di facebook atau ngetweet di tweeter, gak perlu dicontohkan lah bagaimana kondisinya. Pokoknya bisa diamati dari berbagai aktifitas pengguna facebook.

Apa akibatnya kalo kita udah kecanduan dengan update status, like, komen, & Shere ini. oh banyak banget dampaknya, bisa dampak positif, juga bisa negatif. Dan ternyata dampaknya lebih banyak negatifnya. Gimana tidak coba. kalo tiap hari, tiap waktu gaweannya hanya menyading facebook lantas kratifitas apa yang dilahirkan. Memang bagi sebagian yang dapat memanfaatkan untuk saling shere informasi tentang beasiswa, informasi lomba, seminar, motivasi, kata-kata bijak dan lain nya mungkin akan menebar manfaat juga, meskipun ada juga yang menyebar informasi hanya untuk mendongkrak popularitas saja. hehehe

Nah, disini gak usah dijelasin panjang lebar tentang dampak-dampak tersebut, karena kata seseorang "segala sesuatu itu tergantung bagaimana menyikapinya". Untuk itu, supaya generasi Indonesia lebih produktif minimal dari hal kecil dan dari kebiasaan online yang menghabiskan banyak waktu hingga banyak waktu terkorbankan dengan beronline ria kami segelintir anggota saburai camp mengadakan sebuah perjanjian "Perjanjian MA'E". Dengan candaan namun serius dalam tindakan, kami merumuskan beberapa isi dari perjanjian tersebut. pada hakikatnya isi perjanjian kami adalah untuk menambah wawasan kami dari kebiasaan membaca yang bermanfaat, bukan membaca status-status galau di facebook, hehehe..

Isi perjanjian MA'E: 
1.Setiap member MA'E yang beranggotakan tiga orang, dalam meng-update status di situs jejaring sosial harus mengandung nilai-nilai positif untuk kebaikan dan kebenaran.
2.Tidak diperkenankan update status tanpa dasar dan/atau tanpa refrensi yang jelas. Kemudian untuk mencantumkan refensi yang digunakan pada akhir isi status.
3.Member MA'E, setiap update status di jejaring sosial harus mention member lainnya. Agar diketahui satu sama lain.
4.Konsekwensi bagi yang melanggar adalah push up sebanyak 25 kali di hadapan seluruh warga Sabuari Camp.
5.Dan ketentuan ini berlaku hanya saat berada di Sumatera Barat. Apabila salah satu member berada di luar Sumatera Barat, maka terbebas dari perjanjian ini. 

Demikian lah isi dari pernjanjian MA'E untuk sementara ini. ketentuan perjanjian ini dapat berubah sesuai dengan kesepakatan bersama dan member lengkap, apa bila salah satu member tidak sepakat dengan ketentuan baru maka ketentuan yang lama ini lah yang masih berlaku

Nah, harapan kami dari perjanjian ini, kami dapat menabah pengetahuan kami melalui membaca hal-hal yang bermanfaat, baik itu tentang agama, iptek, motivasi, informasi seminar, lomba, beasiswa dan lain-lain. Berawal dari membaca, kemudian menjadi pengetahuan dan mudah-mudahan dapat membangun karya terbaik untuk bangsa. Walau bagaimanapun perjanjian ini dibuat, kami kembalikan kepada pribadi masing-masing member, bagaimana kretifitas kami dalam menggali pengetahuan dari berbagai sumber.

Alhamdulillah, dalam sampai sekarang berbagai update-an status dari anggota perjanjian MA'E ini sudah sesuai dengan ketentua dan belum ada yang menlanggarnya,. hhheeehee dan perlu digaris bawahi, tujuan utama bukanlah mencari popularitas yang mendapatkan like, komen atau tanggapan dari pengguna facebook atau pengguna jejaring sosial lainnya. Lebih menkankan kepada tolak ukur seberapa banyak buku atau bacaan yang telah kami baca. Dari sini sudah dapa kita lihat, yang paling jarang ber-update status adalah yang paling jarang membaca. heheh ini saya :p ... Selain itu, untuk berbagi dengan member lainnya tentang hal yang sudah dibaca, siapa tau member lainnya tertarik untuk membacanya juga. Jadi gak usah pelit untuk berbagi ilmu pengetahuan, karena semakin banyak ilmu yang kita bagikan maka semakin banyak pula ilmu yang akan kita dapatkan. ayo saling berbagi.

Dan yang terkhair, teruntuk member perjanjian MA'E, kita dapet saran dari sesorang. Sarannya bagus dan lebih bermanfaat. Bagini sarannya "bagaimana kalau hukuman yang berupa push up, kita ganti dengan mmemberihkan saburai camp atau melaksanakan piket selama waktu yang telah ditentukan, misalnyasatu minggu", gimana pada setuju apa gak.. hehehe

Ayo semangat, nanti perjanjian kita akan semakin berkembang dengan semakin banyaknya buku yang kita baca. baca baca baca......

Tilisan ini sebagai pengingat untuk ku dan untuk siapa saja yang mau diingatkan. :)
 

2 komentar:

  1. banyak manfaat dari sebuah perjanjian kecil... yang awalnya hanya ketidak sengajaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhee, ini bukan ketidak sengajaan, tapi berawal dari keresahan.....

      Hapus